SEJARAH BRAND SUPREME
SEJARAH BRAND SUPREME
Pernah gak sih kalian denger nama brand Supreme? Setelah mendengar brand itu, apasih yang langsung terlintas dipikiran kalian? Mahal? Enggak salah kok! Brand Supreme ini memang dikenal dengan brand pakaian yang harganya selangit! Lalu, sebenernya kenapa sih Supreme bias mematok harga selangit gitu? Anak muda jaman sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Terutama dalam halnya berpakaian. Kids jaman now sukanya memakai pakaian yang lagi ngetrend di jaman sekarang atau lebih di kenal dengan sebutan Hype Beast. Kata Hype Beast suka dihubungkan dengan brand-brand streetwear yang lagi hype jaman sekarang. Nah, kita simak aja yuk sejarah brand supreme tuh gimana!
Supreme merupakan salah satu brand
streetwear asal Amerika Serikat. Didirkan oleh James Jebbia pada tahun 1994 di
Lafayette Street New York. Brand ini terinspirasi dari gaya pakaian anak muda
urban Amerika yang sangat identik dengan skateboard, punk rock, hip-hop.
Mungkin sebagian dari kamu
beranggapan apa sih Supreme itu. Tapi, bagi para kolektor fashion Supreme ini
memiliki daya tarik yang sangat tinggi loh.
Alhasil, setiap Supreme merilis
produk-produk terbaru, antrian panjang pun terjadi. Bahkan ada yang menunggu 2
hari sebelum toko dibuka. Hal ini juga menyebabkan, lalu lintas di seputaran
toko di New York terganggu akibat antrian yang panjang itu.
Produk yang dirilis Supreme ini juga
cukup aneh, mulai dari helm sepeda motor, batu bata, palu, t-shirt, jaket,
sepatu, celana dalam, hingga linggis. Walaupun terdengar aneh-aneh produk yang
dikeluarkan selalu terjual habis dalam waktu yang kurang dari satu bulan.
Hampir tiap fans Supreme ditanya
kenapa mereka senang dengan brand satu ini, pasti jawaban yang diberikan adalah
faktor “Hype”. Karena produk ini dianggap keren dan populer. Hal ini juga
terbukti di atas Red Carpet, brand ini mnejadi “aset” yang sangat berharga dan
bernilai untuk dikenakan oleh para artis pop dan rapper lainnya.
Selain memasarkan produknya sendiri
Supreme juga sering berkolaborasi dengan brand ternama seperti Nike, Clarks,
Louis Vuitton, dan Vans untuk sepatu. Untuk jaket sendiri Supreme juga
berkolaborasi dengann Commes des Garcons dan A.P.C untuk celana jenas.
Supreme ini juga didukung oleh
publikasi media fashion terkemuka, salah satunya Majalah GQ Style yang telah
menobatkan Supreme sebagai “Brand Streetwear yang paling keren di dunia ini”.
Tetapi, di balik kuatnya brand Supreme
ini, strategi pemasannya juga berpengaruh untuk membentuk ekslusif brand.
Sebenarnya Strateginya hanya membuat produk langka. “Jika kita bisa menjualnya
600 pcs, maka kita akan memproduksinya 400 pcs, itulah cara kami”. ungkap James
Jebbia, Founder Supreme.
Kehebatan Supreme ini pandai
memposisikan dirinya untuk sulit didapatkan produknya. Walaupun sebenarnya
permintaan pasar yang sangat besar. Supreme juga selalu konsisten dalam
memproduksi produknya dalam jumlah yang sangat terbatas.
Satu pcs desain dari suatu produk
hanya akan diproduksi dan dijual dalam satu kali rilis saja. Nah, pada waktu
lainnya, tidak akan dijual kembali. Supreme menerapkan sistem khusus dalam
menjual barangnya, yaitu seseorang tidak dapat membeli lebih dari satu produk
yang sama sekaligus.
Hal inilah yang membuat logo klasik
yang berbentuk kotak berwarna merah bertuliskan Supreme seolah menjadi penanda
bagi siapapun yang menggunakannya memiliki aset yang mempunyai nilai fantastis.
James Jebbia juga menjelaskan bahwa
para pecinta Supreme menyenangi produknya karena kualitasnya yang baik. Ia juga
terheran-heran saat orang-orang yang sulit menerima kenyataan bahwa penggemar
Supreme berusaha memperoleh produk yang diinginkannya.
“Tidak ada trik khusus, semuanya
adalah soal produk yang baik” -James Jebbia
Nah, diatas adalah bagaimana sejarah
tentang brand Supreme. Walaupun brand Supreme mematok harga yang tinggi namun,
untuk para penggemarnya harga bukanlah sebuah masalah.
Komentar
Posting Komentar